Dedi Purwanto

Tentang keseharian, pemikiran dan masalah seorang remaja biasa.

Merakit robot sendiri dengan Bioloid

b1

Bioloid adalah robot kit yang terdiri dari beberapa part yang bisa kita rakit menjadi robot sesuka kita. Dan robot yang satu ini bukan mainan anak-anak umur 7 tahun, karena part-part yang disediakan cukup teknikal dan butuh pengetahuan yang cukup (tidak harus jenius). Dengan Bioloid, kita bisa merakit robot jenis apa saja, selama parts yang kita miliki mencukupi. Kemudian memprogram gerakan dan sifat robot tersebut menggunakan software yang telah disediakan.  Contoh gerakan yang bisa diaplikasikan adalah transformasi, misalnya bentuk awalnya adalah mobil, kemudian bisa ditransformasi otomatis menjadi robot berdiri.  Bisa terkoneksi langsung dengan PC/Laptop (USB/Wireless) ataupun dengan radio control. Bisa dipasangi kamera hingga laser panas. Kemudian juga ada detektor suara, cahaya, jarak, dsb. Pokoknya dijadiin apa aja bisa :roll:

Bagaimana cara kerjanya?. Part utama yang menggerakan robot Bioloid adalah Dynamixel, yaitu sejenis R/C servo (dinamo), tapi berbeda dengan R/C servo biasa, Dyamixel bekerja dalam jaringan yang memiliki fungsi feedback. Dengan begitu, seluruh Dynamixel pada Bioloid bisa bekerja sama dengan saling mengirimkan feedback.

b2

Daftar Dynamixel

Sebagai contoh, untuk membuat tangan robot, maka diperlukan 3 poros, yaitu bahu, siku dan pergelangan tangan. Maka kita memerlukan 3 Dynamixel. Satu diletakan di bahu, di siku dan terakhir di pergelangan tangan. Kemudian untuk melakukan gerakan melambai (misalnya), maka ketiga Dynamixel ini saling berkomunikasi dalam melakukan setiap gerakan agar poros-poros tangan tersebut bisa mensimulasikan gerakan melambai. Simpel kan?. Banyaknya jumlah Dynamixel pada sebuah robot tergantung dari design kita. Anggap saja untuk sebuah tangan/kaki diperlukan 3 dynamixel, maka diperlukan sekitar 12 dynamixel (atau lebih) untuk membuat robot menyerupai manusia. Tapi itu semua kembali pada design yang kita miliki, karena dengan jumlah Dynamixel yang sedikitpun kita tetap bisa membuat robot yang diinginkan asalkan designnya tepat.

Dynamixel pada berbagai macam robot

Dynamixel pada berbagai macam robot

Part selanjutnya yang tidak kalah penting adalah CM-5, ini adalah part utama yang mengontrol semua Dynamixel. Karena ini adalah centralnya, jadi untuk satu robot biasanya hanya butuh 1 buah CM-5. Part ini bisa dibilang sebagai komputer kecil, dimana didalamnya terdapat berbagai macam instruksi yang menggerakan setiap Dynamixel. Kita tidak perlu memusingkan part ini, karena dia bekerja otomatis sesuai instruksi yang diberikan. Cukup meletakannya di robot kita dan menghubungkannya ke semua Dynamixel. CM-5 menerima instruksi dari PC / controller untuk kemudian memberikan perintah kepada Dynamixel untuk bergerak.

CM-5 pada robot prajurit

CM-5 pada robot prajurit

Kemudian komponen selanjutnya adalah software, Bioloid menyertakan software The Behaviour Control Programmer dan Three-Dimensional Motion Editor. Setelah kita merakit robot sesuai design kita, selanjutnya kita menghubungkannya dengan software tersebut untuk membuat gerakan-gerakan dan sifat-sifat robot. Sifat-sifat robot ini contohnya adalah, ketika detektor suara mendeteksi suara sekian dB, maka akan melakukan gerakan-gerakan tertentu, dan lain sebagainya. Kemudian software motion editor juga bisa digunakan untuk membuat gerakan kompleks bagi si robot, sebagai contoh adalah robot mobil yang berubah menjadi prajurit, atau sebaliknya.

Mengedit gerakan dan sifat robot

Mengedit gerakan dan sifat robot

Ketiga part inilah yang menjadi kunci utama bioloid. Dengan PC/Laptop, kita nyalakan software yang telah disediakan, lalu hubungkan PC/Laptop kita dengan CM-5 yang ada pada bioloid menggunakan kabel USB yang telah disediakan, kemudian robot bioloid pun siap dioperasikan. Dengan cara kerja sebagai berikut : PC/Laptop mengirimkan instruksi ke CM-5, kemudian CM-5 menerima instruksi lalu memerintahkan Dynamixel untuk bergerak.

Kemudian part yang juga dikontrol oleh CM-5 adalah Sensor Module (AX-S1), part ini difungsikan untuk mendeteksi jarak, mendeteksi suara, dan sebagainya.

Part-part selanjutnya adalah frame, yaitu casing-casing kecil yang bisa ditempelkan dibagian-bagian tubuh si robot, kemudian sekrup, kabel, stiker, dan lain sebagainya.

Part-part bioloid sebelum dirakit

Part-part bioloid sebelum dirakit

Saya rasa Bioloid cocok untuk edukasi pelajar dalam mempelajari prinsip-prinsip robotika serta para hobbyst. Dengan parts dan software yang telah disediakan, kita bisa mendesain robot sesuka kita dan mengaplikasikan gerakan dan sifatnya.

Bioloid sendiri terjual secara paketan dan terpisah. Untuk paket, ada jenis Beginner (pemula) yang berisikan sebuah CM-5, 4 buah Dynamixel, 1 buah sensor module, baterai, power eksternal, CD, manual, dan part-part aksesoris lainnya. Kemudian paket lainnya adalah Comprehensive dan Expert, yang berisikan lebih banyak part dan bisa mengaplikasikan lebih banyak hal. Bioloid juga ada yang dijual terpisah, dimana kita bisa membeli dynamixel dan part-part lainnya sendiri-sendiri.

Harganya?. Untuk Bioloid yang paket Beginner, dijual seharga USD349. Kalau tinggal di Indonesia, mungkin totalnya akan jadi USD420 setelah ditambah ongkos kirim (DHL). Saya pribadi menilai harga ini tidak murah, dan tidak mahal. Tidak murah karena dengan harga tersebut part yang bisa didapatkan tidak banyak (hanya 4 dynamixel, mungkin karna memang Beginner Packet). Dan tidak mahal karena untuk kategori hobyist, harga segini cukup reasonable, dan kita sudah bisa membuat robot dengan mudah tanpa perlu otak super jenius. Bayangkan orang-orang yang membuat robot dari dasar :roll: .

Paket selanjutnya yaitu Comprehensive dijual seharga USD899 dan Expert dijual seharga USD2.999. Tapi saya rasa beginner kit juga sudah cukup untuk muasin hobi sebelum mulai ke tahap advanced.

Berbagai macam bentuk bioloid

Berbagai macam bentuk bioloid

Bagaimana? tertarik membuat robot sendiri?. Lihat juga contoh video-video transformasi robot Bioloid yang ada di Youtube. Contohnya mobil truk yang berubah jadi robot prajurit, dan juga ini. Atau search saja dengan keyword “Bioloid” di google, banyak sekali info dan video-video keren tentang bioloid. Bagi yang cowok biasanya pasti ngiler liat ginian, ayo nabung :roll:

Website Bioloid

About these ads

77 responses to “Merakit robot sendiri dengan Bioloid

  1. afnu 31 Desember, 2008 pukul 2:21 pm

    bang leh copy artikelnya yah
    please
    sy sk artikelnya
    thks b4

  2. kecebongsoft 31 Desember, 2008 pukul 10:26 pm

    silahkan mas, asal dicantumkan sumbernya :D

  3. magic 19 Januari, 2009 pukul 7:35 pm

    blh nggk tau robot ya pesan dimn n harga ya brp???
    klu blh gue tertarik degn kalimat ya….
    bs tolong ksh alamat ya…

  4. Daggio 26 Februari, 2009 pukul 12:05 am

    Jadi pengen bong,kapan ya bisa beli yg paket beginner satu aja XD

  5. Abu Ja'far 12 Maret, 2009 pukul 4:26 pm

    gila! mahalnya aja sampe $2999 (expert kit) dan itupun sold out.

  6. arifin 10 Mei, 2009 pukul 2:13 pm

    bisa minta tolong bahan yang digunkan untuk merakit robot and komponen sama seketsa nya

  7. wawan 13 Mei, 2009 pukul 11:15 pm

    bossss.. bentuk skematik rakitannya jga donk…!!!!

  8. megami kun 29 Mei, 2009 pukul 6:06 pm

    om bisa kasi tau ngga di mn beli dynamixel nya ? kalau di makassar ada ngga yg jual dynamixel kalau ada tolong di balas ok !

  9. yurisahli 29 Mei, 2009 pukul 10:32 pm

    bang, kalok nyari part biolit di mana biasa na?
    trus lok kita gak bisa ngerakait na da buku panduaan na gak?

  10. aris raharjo 21 Juni, 2009 pukul 5:13 pm

    kirimin gue artikel yang detail tentang merakit robot,,,emank part yg di perluin itu apa????dan semuanya itu kt dapatkan secara beli n belinya dmn?????mnt ya artikelnya

  11. rizki 3 Juli, 2009 pukul 3:37 pm

    dimana tempat kami bisa memperoleh bagian robot ini

  12. Roni 8 September, 2009 pukul 5:39 am

    Kaya ngerti aja niy orang,hehehe..lam kenal mas

  13. in joon 13 September, 2009 pukul 9:35 pm

    di toko mana yg jual dinamixel, di bogor ada ga? kalau kita bikin robot sendiri pakai dinamixelya di programnya gimana? balas ya….

  14. neeut 18 September, 2009 pukul 9:57 pm

    klo programnya bisa pake bahasa c banyak tutorialnya unutk komunikasi serial tinggl modifikasi dkt buat rs45, rangkainnya kontrollernya bs pake atmega128 ato keluarga AVR lainnya.. searching sj di goolge datasheet dynamixel…

  15. cilukbah 2 Desember, 2009 pukul 4:03 pm

    ko mahal sih………………… bisa ga Bioloid gratisan……………..barang kali punya yang bekas…………………….

  16. Moch Soleh Serang-Banten 14 Desember, 2009 pukul 9:11 pm

    Saya Jdi T’tarik uNtuk
    MemBuAT / MeRaKIt RoBot. . . .

    Jika Dengan dana Yang Bisa Dikatakan
    tidak cukup banyak. . . .

    bisa engga membuat robot. . . .

  17. kev 17 Desember, 2009 pukul 8:44 pm

    gendeng
    g k iso kurang;a

  18. WAYAN WIDHIANA PRATAMA 20 Januari, 2010 pukul 4:17 pm

    SMA LO BLEH ALAMATNYA AJAH

  19. Anonymous 22 Januari, 2010 pukul 12:15 pm

    dimana saya harus mendapatkan part biolid

  20. Reddo 6 Februari, 2010 pukul 10:04 pm

    Pak saya mau merakit robot ne….

    tpi aku ingin robot yang bsa dikndalikan jarak jauh.

    ada gak bahannya..??

    trus brpa kira-kita dana nya>//

    saya sangat membutuhkan informasinya ne……

    pls send me……….

  21. douglasmpl 7 Maret, 2010 pukul 10:23 am

    Mas, mohon infonya untuk boilid beginners kit atau sejenis berikut dynamixel bisa dibeli di BOGOR? Jakarta? Mohon alamat lengkapnya mas, terima kasih banyak!

  22. tpu 27 Maret, 2010 pukul 5:54 am

    coy’beapa dalam bentuk rupiahnya en dipalembang adaengak

  23. pamungkas 27 April, 2010 pukul 7:48 am

    mas saya mau tanya,,,, kalo misalkan BIOLOID itu di komunikasikan dengan AVR gmn tu solusiny,,,??#$%##

    sebelumnya terima kasih banyak:-)

  24. fadil 16 Mei, 2010 pukul 12:25 am

    massss saya mau tanya harga bioloid nya berapaya…????

  25. inut 26 Mei, 2010 pukul 9:08 am

    masss… nitip… saya jual bioloid comprehensive kit seharga 950$…. siapa yg mau hubungi saya di 081938461617….

  26. -leon S keenan 2 Juni, 2010 pukul 9:46 am

    BOSS,,,,,pesenin donk robot nya,,,,no085252658197

  27. -leon S keenan 2 Juni, 2010 pukul 9:47 am

    -leon S keenan :
    BOSS,,,,,pesenin donk robot nya,,,,no 085252658197

  28. -leon S keenan 2 Juni, 2010 pukul 9:49 am

    BOSS,,,,,pesenin donk robot nya,,,,no 085252658197

  29. Anonymous 24 September, 2010 pukul 5:01 pm

    yurisahli :
    bang, kalok nyari part biolit di mana biasa na?
    trus lok kita gak bisa ngerakait na da buku panduaan na gak?

  30. Gilang Abimantrana 10 November, 2010 pukul 9:01 am

    mau tanya di indonesia apa sudah adakah toko yang menjual bioloid parts ?
    saya butuh servo rx 24, adakah yang tau dimana belinya di indonesia ?

  31. Ryo 19 November, 2010 pukul 8:01 pm

    Bang, kalau harga per paket untuk yang untuk kalangan pemula???????? tolong donk dengan ongkirnya

  32. ikkieputra 3 Januari, 2011 pukul 4:02 pm

    mohon bantuannya saya hobi dengan meraki robot ,mau belajar cara membuat robot adakah buku yang dijual untuk tata cara merakit robot mohon bantuannya

  33. kenchro 9 Januari, 2011 pukul 10:02 pm

    ada ngga ya seolah robot ,and dimana ya tempat menjual bahan untuk merakit obot di indonesia?

  34. kenchrio 9 Januari, 2011 pukul 10:11 pm

    ada ngga ya sekolah robot and ada ngga ya tempat menjual bahan untuk membuat robot di indonesia?

  35. adil 17 Januari, 2011 pukul 1:40 pm

    kren juga 2
    diman saya bs bli?

  36. sofyan 21 Januari, 2011 pukul 5:13 pm

    bang ajari caranya donk???????????

  37. asra 27 Januari, 2011 pukul 12:05 pm

    saya ingin merakit robot

  38. rukimah 26 April, 2011 pukul 11:28 pm

    bang ada gak robot yg bsa bikin nasi goreng???cz saya mau jualan nasgor tpi yg goreng robot.kan enak tuh tinggal kipas” pake duit…,

  39. indika 30 April, 2011 pukul 3:08 pm

    berapa biaya semuanya ?

  40. aldo 15 Mei, 2011 pukul 7:35 am

    apa saya juga bisa merakit robot sperti anda…………………………………..!!!!!!!!!!!!!!!!!

  41. herlambang anton 20 Juni, 2011 pukul 11:48 am

    Wow….
    Ngiler liatnya… jadi pingin…. :)

  42. Anonymous 20 Juli, 2011 pukul 7:56 pm

    apa kah sulit merakit robot itu,apakah seorang sebodoh saya bisa merakit robot scara detail

  43. Lian 6 September, 2011 pukul 9:58 am

    Robot nya bagus

  44. imam mulhakim 12 Oktober, 2011 pukul 9:44 am

    mf ni bang mu nx klo beli bahan2x di toko apa ya…???
    bilangx gmna..?? trs biasax harga2x berapa..???? saya copy ya artiklx..!!! mksh… mhon balasanx…!!!!!!

  45. dendez sbastian alferontz 20 November, 2011 pukul 11:12 am

    saya minta rangkaian pembuatan motor dc?

  46. Anonymous 23 November, 2011 pukul 11:27 am

    dimana bisa mendapatkan robot bioloid?

  47. Anonymous 26 November, 2011 pukul 3:40 pm

    udah beliiii :p
    dan sedang belajar :)

  48. novel tomi 26 November, 2011 pukul 4:19 pm

    gan..aku mintak tolong tutorial bioloid & havimo2,bales ke emailq, mksh :)

  49. Anonymous 28 Desember, 2011 pukul 5:09 pm

    ah akhirnya ngerti juga merakit robot

  50. Pingback: Robot « hijrohmaulana33

  51. Pingback: merakit robot « ismailcommunity1

  52. Anonymous 6 Juni, 2012 pukul 12:08 pm

    berhasi …berhasil…berhasil…hore

  53. Pingback: Merakit robot s… | iqram94

  54. Anonymous 21 Agustus, 2013 pukul 7:05 pm

    Blh gak aku bikin tiruan kamu.

  55. Anonymous 24 Maret, 2014 pukul 1:44 am

    keren bgt

  56. Anonymous 2 Juli, 2014 pukul 2:48 pm

    Om enggak ngasi tau nama barangnya gimanabisa tau kan aku umurnya baru 11 tahun

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: