GDI ShoutBox v1

hdr_logo-o

GDIShoutbox adalah aplikasi web-based real-time chat yang dibangun diatas Google App Engine (GAE). GDISB memakai beberapa teknologi yang memungkinkan aplikasi chat menjadi lebih ringan, cepat, dan efisien.

GDISB sudah mulai dikembangkan sejak awal tahun ini, ide pengembangannya muncul karena website gamedev dimana saya aktif, punya modul shoutbox yang cukup lama down, salah satu alasan matinya modul shoutbox yang lama yaitu karena sangat rakus resource. Beberapa membernya termasuk saya mencarikan solusi untuk membuat shoutbox yang hemat resource dan sekiranya bisa di tanam di free hosting.

Lalu munculah ide untuk mengembangkan aplikasi chat di GAE. GDISB awalnya dibangun dengan sistem traditional pooling, dimana client akan melakukan request ke server dalam interval tertentu. Seiring waktu, GDISB mulai dibenahi dengan teknologi yang lebih baik, antara lain menggunakan teknologi Google Channel API (Comet) untuk transaksi datanya, CronJob untuk meringankan beberapa proses update, serta memcache untuk mengurangi query ke Google Data Store.

Selain implementasi beberapa hal diatas, GDISB juga menggunakan OAuth untuk autentikasi user. OAuth ditanam di aplikasi GAE yang lain, thanks to @exavolt for providing this awesome service. GDISB juga menggunakan JQuery untuk beberapa fitur additionalnya.

Thanks to all positive feedbacks, sekarang GDISB telah up and running di website Gamedevid, meskipun masih dalam status beta. Berkat pembenahan disana sini, GDISB sudah bisa meminimalisasi resource usage di server GAE yang free quotanya sangat minim, ini adalah latest chart dimana usage harian biasanya tidak lebih dari 10%:

Untitled

Klik untuk melihat versi penuh

Usage ini belum bisa dijadikan patokan efisiensi, karena sistem load testing di GAE adalah ramp up slowly. Meskipun begitu, grafik diatas cukup fantastis mengingat implementasi GDISB di awal yaitu traditional pooling, bisa memakan resource hingga 90% keatas tiap harinya.

GDISB dilepas sebagai project opensource, dan bisa di download disini:

https://github.com/GameDev-ID/shoutbox

Bagi yang tertarik untuk mempelajari Google App Engine dan Google Chanel API, silahkan baca artikel ini dan ini.

Pos ini dipublikasikan di post dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke GDI ShoutBox v1

  1. mul14 berkata:

    Dari sekian banyak artikel di wordpress dengan tag komputer, cuma ini yang enak dibaca. Ck ck ck…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s