Amankan Account Facebook dari Hacker

Facebook memiliki beberapa fitur keamanan yang bisa kita manfaatkan untuk menghindari serangan. Ini penting karna website seperti Facebook pun juga masih mudah untuk di hack. Ada beberapa fitur yang bisa kita atur untuk mengamankan account Facebook.

Pertama, dan termasuk salah satu yang krusial, adalah Secure Browsing. Fitur ini secara otomatis akan membuat kita masuk ke Facebook selalu dalam mode HTTPS,  yang tingkat keamanannya lebih tinggi dari port biasa yaitu HTTP. Setiap halaman Facebook yang kita buka akan secara otomatis masuk ke port HTTPS tanpa harus mengetik preffixnya manual, terkecuali Facebook Apps (seperti games, kuis, dll).

Fitur kedua adalah New Login Notification. Fitur ini akan mendeteksi ketika ada yang login menggunakan account kita dari perangkat yang baru. Contohnya ketika kita biasa buka Facebook di rumah, kemudian jika ada yang login menggunakan account kita di warnet, ponsel, atau perangkat apapun yang belum pernah kita gunakan sebelumnya, kita akan menerima notifikasi lewat email dan sms. New Login Notification akan menampilkan dari perangkat mana kita pernah login, juga tanggal dan waktunya. Dari notifikasi ini kita bisa aware, dan segera menghapus aktivitasnya jika user yang login tersebut bukan kita (melainkan hacker). Jika kita membiarkan notifikasinya (tidak melakukan removal), maka aktivitas tersebut akan masuk dalam trust list, yang berarti kita telah confirm bahwa aktivitas login tersebut adalah milik kita, sehingga tidak akan muncul pada notifikasi selanjutnya.

Fitur ketiga adalah Account Activity. Fitur ini akan memperlihatkan darimana saja kita sedang login. Misalkan kita baru saja login dari warnet dan lupa untuk log-out, kita bisa login dari rumah dan menghentikan aktivitas login yang ada diwarnet dengan cara mengklik “End Activity”.

Ketiga fitur ini akan sangat membantu dalam mengamankan account. Contohnya, jika ada yang memasang keylogger di warnet, kita bisa mendapatkan notifikasi langsung, dan segera mem-black list dan menghentikan semua aktivitas login account kita di warnet tersebut darimanapun, bisa dari rumah, ponsel, dll. Kita juga bisa mengamankan browsing kita dengan menyalakan Secure Browsing, sehingga terbebas dari session hijacking.

Tampilan Account Security

Ketiga fitur keamanan ini bisa kita atur di bagian Account->Account Settings->Account Security. Selamat mencoba😀

Pos ini dipublikasikan di post dan tag , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

4 Balasan ke Amankan Account Facebook dari Hacker

  1. Adam Kurniawan berkata:

    Nice post n good blog sob…
    Lanjut terus…
    Ditunggu posting selanjutnya ya…

    Jangan lupa juga kunjungan balik ya…
    Dan kasi komennya ya sob di blog saya…🙂

  2. Gift Unik Murah berkata:

    Luar biasa, Terima kasih banyak atas infonya ini, semoga semakin banyak yang mendapat manfaat dari tulisan ini

    http://giftunik.wordpress.com

  3. Arashi Kensho berkata:

    facebook ane prnh dihack… eh jdnya gak bs dibuka lg d…

  4. Septi berkata:

    zepti.cute@gmail.com << kalo emang mas mas hacker ahli dalam bidangnya, coba hack akun fb kuwh ini….akuwh tunggu…..ihihihihihi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s