Mulai Menulis Lagi

Cukup lama saya tidak menulis artikel baru, entry terakhir yang saya buat adalah Juni 2009, dan sekarang sudah pertengahan September 2010. Sebenarnya masih ada beberapa draft tulisan yang ingin saya publish, tapi sampai sekarang tidak juga saya teruskan.

Sebenarnya ada banyak sekali alasan saya berhenti menulis, mulai dari kesibukan, jenuh, dan lain sebagainya. Tapi hal-hal tersebut biasanya bisa saya atasi. Ada satu hal utama yang membuat saya berhenti menulis: Saya ingin mendapatkan privasi lebih.

Pada saat saya menulis beberapa entry terakhir saya di tahun 2009, saya sudah berhenti menulis tentang hidup keseharian saya, semua artikel yang ada di pertengahan tahun 2009 membahas tentang teknologi dan berita. Saat itu saya merasa harus berhenti untuk menulis tentang keseharian, menulis tentang apa saja yang saya hadapi dan rasakan. Semakin waktu berjalan, semakin saya merasa artikel-artikel seperti ini sangat sensitif, saya semakin merasa risih jika ada orang lain tahu apa yang saya lakukan atau hadapi.

Tidak hanya melalui blog, saya pun mulai berhenti menuliskan hal-hal keseharian saya melalui friendster (saat itu saya masih aktif di FS), facebook dan twitter. Kalaupun saya menulis entry baru, biasanya hanya berisikan tentang hal-hal yang sangat umum atau quote dan link yang menurut saya menarik, dan tidak ada hubungannya dengan kehidupan pribadi saya.

Jikalau saat ini sangat trend sekali orang-orang menuliskan aktifitas mereka di jaringan sosial seperti facebook, twitter ataupun 4Square, saya justru merasa lebih tenang ketika facebook saya isinya hanya info-info umum tentang teknologi. Hampir sedikit sekali saya menuliskan info-info pribadi.

Pada saat saya mulai aware dengan privasi, saya mulai mengisi blog ini dengan artikel umum seperti teknologi terutama software. Tapi lagi-lagi saya diragukan oleh keabsahan tulisan saya sendiri. Pada saat itu saya dalam dilema dimana saya ragu apakah tulisan saya cukup bisa dipercaya. Perlu diingat bahwa tulisan teknikal bisa jadi sangat debatable, terkadang kita melewatkan satu dua hal kecil yang sangat vital. Hal ini membuat saya was-was ketika membuat sebuah artikel software (terutama programming), saya takut melewatkan sesuatu pada tulisan tersebut dan pada akhirnya hanya jadi lelucon.

Lucu ya, pada dasarnya saya hanya tidak mau tulisan teknikal saya ditertawakan orang lain karna memiliki kekurangan. Tapi itulah yang saya rasakan pada saat itu, saya belum merasa punya kompetensi yang cukup untuk menulis artikel yang bahkan adalah dunia saya, yaitu programming.

Saat ini, saya ingin mencoba menghapuskan sifat yang menurut saya kurang baik tersebut, saya ingin memulai lagi menulis apa saja kegiatan saya yang menyangkut teknologi (terutama programming), saya tahu nantinya tulisan tersebut pasti memiliki kekurangan disana sini, dan bukan mustahil hanya jadi bahan tertawaan orang yang lebih berpengalaman, tapi setidaknya tulisan tersebut bisa jadi arsip pribadi jikalau suatu saat saya membutuhkan bahan referensi.

Saya juga sedang mencoba mengisi blog ini dengan bahasa inggris agar bisa dibaca oleh pengunjung lainnya yang tidak berbahasa Indonesia, dengan cara itu saya bisa dapat lebih banyak masukan.

At last, good luck for my new writing spirit and stay tuned for new posts.

Pos ini dipublikasikan di post. Tandai permalink.

2 Balasan ke Mulai Menulis Lagi

  1. UB berkata:

    bah cupu :kabur:

    tulis aja, klo ada yg salah kan nanti ada yg ngoreksi.. dari pada disimpen trus, akhirnya salah trus..

    manusia gak (semua) bisa telepati, makanya musti komunikasi.. apa lagi kecebong, cih~

    *kelabakan*

Tinggalkan Balasan

