SE XPeria, HTC Touch HD atau HTC Touch Pro?

XPeria di BestBuy.com

XPeria di BestBuy.com

Sony Ericsson Xperia X1 sudah tersedia di bestbuy.com dalam status pre-order, dan mulai bisa disentuh awal desember nanti. Harganya? USD799 atau sekitar 8,99 juta rupiah. Terakhir saya lihat mereka hanya menyediakan versi silver. Harga 8.99 juta memang bukan sedikit, apalagi untuk ukuran sebuah ponsel. Tapi Xperia X1 bukan hanya ponsel, lebih tepatnya ini adalah sebuah komputer kecil yang multitasking (meskipun kemampuan multitaskingnya masih meragukan). Jika dipandang sebagai sebuah komputer genggam yang serba bisa, harga USD799 tentu masih reasonable sekali.

Tertarik?. Tunggu dulu, akhir tahun ini ada beberapa gadget lagi dari pabrikan lain yang juga akan dirilis, hardware spec dan fiturnya pun bersaing. Saya akan bahas sedikit tentang Xperia X1 dan 2 gadget lainnya dari HTC yaitu HTC Touch HD dan HTC Touch Pro. Dua gadget ini juga akan rilis akhir tahun ini dan punya spec yang mengancam keberadaan Xperia.

Sebelum membahas ketiga gadget tersebut, perlu dicatat bahwa fitur-fitur standar seperti camera (photo taking, video recording, video call), WiFi, 3G, Global Positioning System (GPS), internal browser, media player, touch screen, dll telah ada diketiga gadget ini. Jadi saya hanya akan fokus untuk membahas kinerja dan kualitas fitur-fitur tersebut di setiap gadgetnya.

Pertama adalah Sony Ericsson Xperia X1, kalau ada yang belum tahu, gadget ini sempat diundur tanggal rilisnya dari agustus ke awal desember dikarenakan ada issue seputar operating system (Windows Mobile 6.1). Demo-demo yang tersedia di internet sendiri juga tidak banyak menampilkan keunggulan Xperia dari sisi software, mungkin ini karena Windows Mobile 6.1 juga belum rilis secara official oleh microsoft. Tapi belakangan ini saya banyak sekali mendapat bacaan review dari distributor anyar. Kesimpulan saya sampai saat ini, Xperia cukup unggul dari sisi hardware. Screen resolutionnya termasuk yang paling tinggi untuk saat ini, hasilnya adalah gambar yang sangat tajam. Kemudian desain eksterior dengan arc slidernya benar-benar memudahkan serta menambah nilai gaya tersendiri. Desain QWERTY keyboardnya cukup nyaman meskipun tombol yang disediakan cukup kecil, tapi space antar tombol benar-benar pas. Kalaupun ada yang merasa kurang nyaman, saya kira ini hanya masalah adaptasi saja. Kemudian kita lihat dari sisi softwarenya, yang paling sering diulas di internet adalah 3D Panel, panel ini adalah fitur yang disediakan untuk mempermudah user mengakses aplikasi yang ada pada Xperia, panel ini bisa kita switch jadi berbagai macam style dengan efek 3D yang trendy. Bahkan ada Fish Panel, yang menampilkan 2 ikan kecil, hitam dan orange, kedua ikan ini berenang di layar Xperia layaknya sebuah akuarium, masing-masing ikan adalah indikator battery dan indikator jika ada missed call. Tapi sebagian besar demo yang saya lihat menunjukan bahwa panel-panel ini cukup memberi beban pada OS sehingga animasinya terasa patah-patah.

XPeria saat mengambil gambar

XPeria saat mengambil gambar

Untuk urusan internet, browser yang digunakan setahu saya adalah Opera, settingan layar bisa kita set potrait ataupun landscape. Beruntung karena Xperia punya physical keyboard, mengetik terasa lebih mudah, meskipun on-screen keyboard tetap disediakan. Yang perlu saya tambahakan, terasa sekali lambatnya saat switch dari potrait ke landscape ataupun sebaliknya, saat melakukan scrolling page pada Opera juga beberapa bagian pada sisi-sisi layar akan tidak tampil hingga scrolling selesai. Saya pikir ini lebih ke masalah hardware yang belum fit ke operating system. Kemudian kita pindah lagi ke bagian multimedia, untuk camera yang “hanya” 3.2 MP, sebenarnya hasil tangkapan gambar dari Xperia sudah cukup tajam, dengan fitur2 seperti auto focus, photo tweaking, etc. Kemudian untuk media player, Xperia menyediakan media player default milik windows mobile, tampilannya cukup trendy, dengan berbagai macam efek disana sini. Kesimpulan saya untuk Xperia, ini smartphone yang cukup unggul dari sisi hardware spec, tapi belum bisa maksimal untuk OS, sehingga terjadi banyak sekali drop performance, seperti saat multi tasking. Kemudian, tidak banyak terjadi kostumisasi dari segi OS, yang ditambahkan (setahu saya) hanyalah 3D Panel, bagi pengguna windows mobile, mungkin tidak akan banyak mendapatkan hal baru di Xperia, selain dari 3D Panel serta desain eksterior yang trendy. Saran saya bagi para calon pembeli Xperia, lebih baik bersabar dulu untuk menunggu 4 hingga 6 bulan setelah Xperia rilis awal desember nanti. Karena issue seputar performance dan OS ini masih cukup simpang siur, dan harga USD799 rasanya terlalu mahal untuk ukuran smartphone yang belum jelas kestabilannya.

XPeria saat menjalankan Opera

XPeria saat menjalankan Opera

Ok, kita pindah ke 2 gadget selanjutnya, yaitu HTC Touch HD dan HTC Touch Pro, untuk HTC Touch HD, sebenarnya saya sudah cukup lama mengetahui keberadaan gadget ini dan cukup bingung membandingkannya dengan Xperia. Dan untuk HTC Touch Pro, saya baru lihat beberapa minggu kemarin dan cukup kagum juga dengan sigapnya HTC, mungkin ini jawaban dari respon-respon user yang menganggap HTC Touch seharusnya memiliki physical keyboard. Ya, HTC Touch Pro memiliki physical keyboard dengan tampilan internal sama trendy-nya dengan HTC Touch HD, serta memiliki exterior yang sama kerennya dengan Xperia X1.

HTC Touch HD memiliki ukuran yang cukup besar, hampir satu telapak tangan orang dewasa, ini karena dimensi layar yang sangat besar dan resolusi layar yang juga besar. Saya sendiri tidak terlalu nyaman membawa gadget yang ukurannya sebesar ini, tapi saat melihat video perbandingan HTC Touch HD dan Xperia X1, saya cukup kagum dengan HTC Touch HD, secara pribadi, harus saya akui bahwa fitur HTC Touch HD lebih baik dari Xperia X1. OS-nya lebih customized (Windows Mobile 6.1), efek panel yang keren (TouchFlo 3D), warna yang tajam, serta performance yang oke (ini salah satu yang membuatnya menang dari Xperia). Sayangnya HTC Touch HD tidak memiliki physical keyboard, saya sendiri tidak nyaman dengan on-screen keyboard yang menggunakan stylus ataupun jari, selain tidak terbiasa, on-screen keyboard juga memakan tempat pada layar sehingga menutupi display yang sedang saya gunakan. Tapi overall handset ini benar-benar luar biasa, bagi yang gemar melakukan aktifitas multimedia, seperti mengambil gambar/video, memainkan musik dan film, internet, atau bermain game, handset ini benar-benar pas. Saya sendiri masih bimbang dengan ukurannya, disatu sisi ukuran menjadi masalah, disisi lain juga menjadi keuntungan karena screen yang dihasilkan sangat besar. Ponsel ini dilabeli sekitar USD799. Tertarik?. Tapi lihat dulu HTC Touch Pro.

HTC Touch HD

HTC Touch HD

HTC Touch Pro yang saya baru tahu beberapa minggu ini, sudah berhasil menarik perhatian saya dari Xperia X1, memang mungkin namanya tidak se-anyar Sony Ericsson, exteriornya juga mungkin bagi beberapa orang tidak sekeren Xperia X1. Tapi fitur hardware dan software yang dimiliki HTC Touch Pro ini cukup menyaingi Xperia X1, bisa dibilang menang malah, karena setelah saya melihat perbandingan HTC Touch HD dan Pro, terlihat bahwa HTC Touch Pro mampu menjalankan aplikasi jauh lebih cepat dan stabil daripada HTC Touch HD, dimana HTC Touch HD sendiri sudah jauh lebih stabil dari Xperia X1. Dan ya, HTC Touch Pro juga punya QWERTY keyboard, bentuknya pun sudah semungil Xperia X1, jadi saya tidak perlu merasa risih membawanya kemana-mana, melihat demo-demo di internet pun sudah cukup kelihatan bahwa ponsel ini benar-benar pas untuk saya. Kesimpulan saya, HTC Touch Pro ini dari segi OS adalah sama dengan HTC Touch HD, tapi dengan performance yang lebih baik, screen yang dimiliki juga cukup besar. Perbedaannya dengan HTC Touch HD hanyalah disisi ukuran, dan physcal keyboard. Sejauh ini harga HTC Touch Pro yang saya tahu adalah USD499 untuk 2 tahun kontrak. Saya masih berburu harga yang versi unlocked. Mungkin tidak akan jauh dari USD799, sama seperti Xperia dan HTC Touch HD.

HTC Touch Pro

HTC Touch Pro

Well, semuanya berakhir pada kebutuhan kita, mungkin bagi yang gemar mengambil foto, video, memainkan musik dan film, HTC Touch HD adalah pilihan terbaik dengan screen yang besar serta kamera 5MP. Untuk orang-orang yang penuh aktifitas sibuk, pilihannya ada HTC Touch Pro dan Sony Ericsson Xperia X1. Dimana Xperia X1 sendiri sudah terserang issue yang tidak enak soal performance OS, dan HTC Touch Pro sampai saat ini masih meluncur dengan aman. Saya perlu tambahkan, mungkin ada yang belum mengenal HTC dengan baik dan hanya memandang sebelah mata. HTC ini adalah pabrikan gadget yang sangat proffesional. Bahkan Xperia X1 sendiri diproduksi oleh HTC (tapi di design oleh Sony Ericsson).

Kalau saya yang memilih, maka saya akan menggaet HTC Touch Pro. Dari demo-demo yang ditampilkan sudah kelihatan sekali bahwa handset ini cukup stabil dan pas dari sisi software, dan design. Yang perlu kita lakukan adalah berhati-hati dalam memilih, USD799 bukan angka yang sedikit, jadi pastikan kita tidak mengambil produk yang salah. Tidak perlu tergesa-gesa membeli, silahkan rajin-rajin lihat reviewnya di internet, saat ini banyak sekali yang membahas tentang gadget ini dari plus hingga minusnya. Terlebih lagi nanti setelah rilis, karena saat itu kita akan tahu seperti apa kualitas ketiganya ketika sudah berada ditangan konsumen. So, happy hunting🙄

Update:
HTC Touch Pro dibundel seharga USD499 untuk 2 tahun kontrak oleh Verizon, USD299 untuk 2 tahun kontrak oleh Sprint. Untuk versi regular/original, dibundel seharga USD600 atau sekitar 6.9 juta. Lebih murah USD199 dibanding HTC Touch HD dan SE XPeria X1 yaitu USD799. (Sumber : Sprint).

Referensi:

www.mobiletechaddicts.com/2008/08/16/htc-touch-pro-review/
www.htc.com/www/product/touchpro/specification.html
www.mobile88.com/cellphone/Sony-Ericsson/Sony-Ericsson-XPERIA-X1/review.asp
www.engadgetmobile.com/2008/11/12/sony-ericsson-xperia-x1-review
www.engadget.com/2008/11/15/sony-ericssons-xperia-x1a-available-for-pre-order-at-best-buy/
www.engadgetmobile.com/2008/11/12/touch-pro-launching-on-verizon-november-24-in-stores-december-1/
www.youtube.com/watch?v=pENEldRxuwQ
www.youtube.com/watch?v=fSaW7U5tDXU

Pos ini dipublikasikan di post dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

12 Balasan ke SE XPeria, HTC Touch HD atau HTC Touch Pro?

  1. omiyan berkata:

    coba 2 juta, nunggu sekennya aja dahh hahahaha

  2. ding berkata:

    ok ditunggu info berikutnya

  3. kita berkata:

    saiah tunggu biar hargana sekitar 2 jutaan aja deh…hhaha..

  4. Biyan berkata:

    Mahal banget, padahal ada yg lebih murah dgn kemampuan yg sama . . Mendingan gue beli blackberry bold aja deh . . Gengsi nya lebih tinggi dengan harga lbh murah . . He tpi sayang blum da duit . . .

  5. UB berkata:

    buset😯 sejak kapan loe jadi tukang jualan hape bonk? ck..ck..ck.. ayo bikin game ajah

  6. vian berkata:

    touch HD harga US 799 itu dapat dimana yaa?
    Di indo kayanya ga segitu deh,, masih sekitar US 950.

    Ada referensi untuk bisa dapat HTC Touch HD dengan harga US 700 – US 750 nett.

    Saya tunggu informasinya yaaa,,

  7. bibank berkata:

    terima kasih mas atas ulasannya,Luar biasa, sungguh sangat membantu. Sukses selalu

  8. Daro berkata:

    Kira2 di nama ya!.. belinya?

  9. kaka berkata:

    wew..bagus n panjang juga tuh tulisannya, cuma aq dah beli tuh xperia, yah lumayan lah, memang bener agak lambat switnya, cuma itu dak seberapa masalah kok, yang masalah tuh suport soft ya, wa dah ublek2 web gak nemuin, bayangin aza yahoo go dak ada….wew…tapi keren kok….wkwkkww

  10. Yayan Ihwandi berkata:

    ulasan yang memuaskan,…. terima kasih…. dari dulu memang saya pengguna gadget yang menggunakan os WM, akhirnya jatuh pilihan saya ke Htc Pro 2….

  11. alexs berkata:

    em…terima kasih, cuma kemarin saya sudah lihat ulasan tentang x2 & x10, kalau harga x1 sih sekarang sudah turun, karena x2 sudah keluar…tapi saya sarankan jangan beli x2…tunggu saja x10 dengan fitur yang lebih memuaskan…gak tau kalau harganya…

    menurut info x2 sekarang sekitar 8-9 juta. sedangkan x1 sekitar 4-5 juta…(ingat masih sekitar, pastinya dak tau). kemarin sudah coba untuk membeli Nokia E72..yah lumayan lah, enak di pegang, gak lamabat…walau harganya 4.8jt…hehe

  12. alexs berkata:

    maaf bisa ganti nama alexs, dengan kaka…makasih..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s