Web buatan Christian Sugiono?

Oke, sebelum mulai ngobrol, saya mau tekankan dulu kalau disini saya nggak ada niat buat mojokin siapapun. Yang saya mau tulis ini nggak lebih dari sekedar analisa seorang bocah 19 tahun belaka. Lagian lagi puasa gini ngga banget deh klo saya ngomong yang enggak-enggak🙄

Tanggal 9 Juni lalu, muncul berita tentang Christian Sugiono, itu tuh.. seleb yang dulu pernah kuliah IT di Jerman. Saya juga pernah nonton dia dan Roy Suryo satu frame bareng di acara Empat Mata (kebetulan saya penggemar Empat Mata :-p ). Well, beritanya sih nggak terlalu heboh (skandal, dll).. cuma nampilin sisi lain hidupnya dia aja. Bahwa dia diangkat jadi icon IT sekaligus brand ambassador HP Indonesia. Dia juga cerita bahwa dulu pas di Jerman dia pernah work as a programmer, bikin tim bareng temennya. Trus, saya sempat liat statementnya dia diberita tersebut, kurang lebih gini (langsung kopi paste) :

Menutup jumpa pers, Christian sempat memaparkan alamat website yang dibikin langsung olehnya sendiri. “Dulu gue sempat bikin website sendiri, masih aktif, di www.christian-sugiono.com,” paparnya.

Bikin web sendiri? Nggak bisa dibilang luar biasa untuk ukuran mahasiswa IT, apalagi dia jebolan Jerman (nggak tau juga universitas mana tapi kayaknya sih keren wkwkwkwk). Saya penasaran aja gimana sih webnya. Jadi dibuka deh tuh http://www.christian-sugiono.com-nya, eh malah ke-redirect ke http://christian-sugiono.seleb.tv, well.. gpp juga sih sama aja.

Tapi wow😯 , ini webnya keren juga. Udah kayak CMS terkenal macam WordPress/Blogspot aja.. Ada category, post comment, macem-macem deh. Belum lagi URLnya pake Permalink pakai gaya WordPress (domain.com/tahun/bulan/hari/namaartikel). Udah lumayan advanced tuh bisa bikin permalink gitu (pake mod rewrite, setting .htaccess dan bla bla bla). Jangan-jangan bikin engine sendiri? wuih keren juga.. atau pake framework kayak Zend Framework, CakePHP, dll?.. Nggak kalah keren, ngikutin perkembangan jaman dong namanya.

Saya nggak ngeragukan kemampuannya, tapi tetep aja penasaran masa iya dia yang bikin. Trus nggak sengaja saya baca salah satu postingan dia yang isinya :

Setelah keluar di infotainment, ada beberapa orang yang tanya dan protes ke gue misalnya seperti ini :

Statement Tian di infotainment tgl 21 agustus, mengatakan bahwa web ini http://christian-sugiono.seleb.tv/ yang buat Tian sendiri?Saya yakin tidak mungkin, karena:1. http://christian-sugiono.seleb.tv/ redirected to subdirectory dari http://www.seleb.tv/2. Dan website seleb.tv yang memiliki adalah sbg.:Registrant:
Sandika Digital Media PT
Jl. Panglima Polim Raya
101 Kebayoran Baru
Jakarta, Jakarta 12160

Sampe di cari whoisnya segala loh uhuhuhe P

Yah, mungkin buat orang-orang diluar sana yang masih belum paham, website development dan designing dan hosting adalah 2 hal yang berbeda. Ini blog saya buat 100% sendiri dan di taruh di server milik seleb.tv …so…gak usah gw lanjutin lagi kan ?

Cheers.

Sip, bener. Development emang beda sama hosting… habis dari situ saya percaya deh dia yang bikin, dan ngga mau ngelanjutin penasarannya. Eh tapi kok masih kepikiran ya?. Ya udah lah.. saya cobain dulu buka source HTMLnya (klik kanan pilih view page source), wuih keren juga.. detail dan.. eh? ketemu ini :

<meta name="generator" content="WordPress 2.5.1" />

WordPress? Loh tapi tadi katanya bikin sendiri, lagian apa iya dia nggak bisa ngebedain antara nginstall CMS dan bikin sendiri. Hmm.. saya salah lihat kali. Tapi… ah percobaan terakhir deh.., ngebuktiin apa beneran wordpress atau bukan. Tes buka link ini : christian-sugiono.seleb.tv/wp-login.php , eh ternyata ada!. Kalau yang pernah pakai wordpress, wp-admin adalah halaman administrasi CMS WordPress, dan wp-login adalah halaman login untuk masuk ke wp-admin (wp singkatan dari WordPress, cmiiw).

Kalau memang Christian Sugiono yang bikin web ini, berarti dengan kata lain dia pembuat tunggal WordPress? (Spt dia bilang tadi, 100% bikin sendiri). Ah mustahil, WordPress kan open source project, bikinan kepala-kepala jenius dari macem-macem negara.

Jadi apa dong arti “Ini blog saya buat 100% sendiri” tadi?. Iseng-iseng lagi saya intip source HTMLnya, ketemu ini :

<link href="http://christian-sugiono.seleb.tv/wp-content/themes/christiansugiono/css/main-style.css" rel="stylesheet" type="text/css" />

Hoo.. mungkin itu kali maksudnya. Dia yang 100% bikin themesnya. Well, bikin themes juga bukan kerjaan gampang, plus, theme blog dia lumayan keren😀 .

Jadi?. Saya nggak bisa bilang klo blog itu dia yang bikin sendiri, karena udah jelas keliatan itu mesin WordPress, yang statusnya adalah open source project, dikerjakan oleh para programmer di berbagai belahan dunia.

Apa dia bo’ong?. Nggak tau deh, tapi yang bisa kita ambil hikmahnya disini, dunia teknologi itu nggak segede daun kelor, banyak banget yang kita nggak tahu dan riskan banget bikin statement yang kita sendiri nggak terlalu paham apa maksudnya. Bagi yang ngerasa heran “kenapa sih itu programmer-programmer pinter nggak mau bikin artikel?”, klo saya boleh ngewakilin jawab (meskipun saya bukan programmer dan nggak pinter) “Mungkin karena mereka blum merasa yakin, bahkan setelah belajar bertahun-tahun, mereka nggak mau bikin statement sembarangan.”.

Atau jangan-jangan web yang dibikin Christian Sugiono bukan web yang sekarang kali, tapi web yang dulu (sekarang udah nggak aktif & diganti dengan WP). Well, saya nggak tahu. Tapi sepertinya nggak, soalnya postingan tadi dia bikin tanggal 21 Agustus (baru-baru aja), dan ada di blog WP-nya dia.

Sebenernya yang ginian udah umum, dan sebenernya nggak boleh. Mengklaim teknologi (Lisensi GPL) orang/kelompok lain atas nama kita pribadi. Coba deh liat kadang-kadang ada web yang jelas-jelas pakai CMS (Joomla, WP, dll), tapi copyright di footernya atas nama pribadi/instansi. Memang siapa yang bikin Joomla? WP?.

Jadi yang bisa diambil hikmahnya : “Jangan ambil statement yang kita sendiri nggak paham”, dan “Jangan melanggar hukum”, Loh?. Yah bingung juga nyebutnya apa, pokoknya jangan main klaim-klaim sembarang gitu-gitu deh.

Saya sendiri bukan siapa-siapa, bikin web aja masih belepotan. Dan yang jelas sebelum ini saya nggak pernah protes/tanya ke dia tentang siapa pembuat web tersebut. Btw saya ngga iri lho yah, kali2 aja ada yang ngira saya iri ma Christian Sugiono gara2 dia cakep+seleb+pinter😆 . Mending direnungkan lagi deh dengan kepala dingin. Yang dibuka disini adalah hal teknikal, bukan ledek-ledekan/menjatuhkan salah satu pihak🙄

Oh iya sapa tau masih ada yang blur, klo bikin web menurut versi saya : bikin desain sendiri (coret2 di photoshop/gimp/dll) trus bikin HTMLnya, trus desain + generate databasenya (klo memang pake database), trus bikin script server side/client sidenya dari nol (klo memang pakai server/client side script)… dsb..dsb.. Beda dengan nginstall CMS : sediain hosting + dbaccount, download CMS, ubah file config (klo di WP namanya wp-config.php), upload, install, jadi deh (biasanya nggak sampe 10 menitan). Cmiiw.

Lastly, kalau memang analisa saya salah, silahkan klarifikasi, via email atau langsung isi di box komen. Saya nggak bilang Christian Sugiono bo’ong loh ya (mungkin cuma kurang paham ato gimana), cuma web yang tadi emang keliatan beneran WordPress, kecuali klo saya salah, abisnya ngantuk berat, lembur dari tadi jam sembilan malam ampe sekarang jam sembilan pagi hehehe..😆

btw met puasa ya buat yang menjalankan. Maafin saya yang setiap hari adaaa aja bikin salah..

Updated
Akhirnya kasus ini dah case closed. Christian Sugiono udah datang langsung ke blog gw (lihat di kolom komentar) dan menjelaskan semuanya. Singkatnya, memang dialah yang membuat web di christian-sugiono.com, tapi bukan yang sekarang, melainkan web yang dulu. Sekarang sudah diganti dengan WP karena pertimbangan kemudahan bagi admin untuk manajemen post, comments, dsb. Yang bersangkutan juga udah kasih beberapa sampel web yang dia buat seperti gallery di blognya saat ini, juga malesbanget.com yang pernah dibuatnya dulu.

Lega deh gw nggak nebak-nebak lagi, gw juga udah ngga sangsi lagi dengan statement yang pernah dia kasih ke berita, dan gw juga salut bahwa profesi programmer yang super sibuk dengan research, bisa digabungkan dengan profesi aktor. Well.. I welcome you here Christian Sugiono, met bergabung di blogsphere wordpress dan gw senang klo lo mau ikut berbagi info IT disini🙄

Pos ini dipublikasikan di post dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

36 Balasan ke Web buatan Christian Sugiono?

  1. Arsyad Salam berkata:

    salam kenala aja 🙂

  2. Zwieback berkata:

    Hello, thanks buat reviewnya. Iya jadi dulu sebelum gw make WP yang sekarang (yang diharuskan karena semua blog yang dimaintain oleh Sandika (seleb.tv) menggunakan platform WP) gw membuat CMS nya dengan hardcoded PHP sendiri. Karena sekarang pake WP MU (yang lebih gampang buat mereka untuk nge-admin dan nge-moderate) jadi kita migrasi dan cuma themenya aja dan beberapa widget yang gw develop sendiri.

    Cuma untuk engine halaman gallery itu masih sisa-sisa code yang gw bikin sendiri dan juga membeli beberapa code ‘pemanis’ seperti lightbox dan slider dsbnya. Mainan gw lebih di PHP, kalau Java masih agak kurang😛 Silahkan di telaah dan di ‘intip’ aja sourcenya hehee..

    Well, sebenarnya dengan adanya blog gw ini gw lebih ingin menonjolkan sisi hobi nulis dan jurnalisme gw dibandingan dengan sisi IT gw…ya bisa dilihat dari content tulisan2 gw di blog itu.

    Mudah2an penjelasan gw ini bisa meluruskan kesalahpahaman. Karena emang sih kalau ngebahas dunia IT salah-salah emang bisa ‘ditembak’ dari beberapa sisi, dan gw juga udah paham banget cara pikir dan attitude manusia-manusia IT🙂

    • Anonim berkata:

      secara dunia IT itukan luas, gw alumni anal IT aja gak habis-habis tu materi IT sampai @ gw main kabur aja,,,,,,,,,,,,,,,huft #

  3. kecebongsoft berkata:

    Nah loh dibalas langsung ma Christian Sugiono🙂 . Sebenernya waktu pertama kali ngeliat webnya gw kira biasa-biasa aja. Tapi begitu liat lama-lama, lumayan canggih juga dan pasti spent time yang lumayan banyak buat nyelesaiin web kayak gitu, sampai akhirnya gw sadar klo itu WP🙂

    Well, ngga ada salahnya juga pakai WP, gw sendiri malah terang-terangan pake WP + host di WordPress.com, ninggalin blog bikinan gw sendiri di http://kecebong.madpage.com/old/ .

    Gw lega soalnya statement2 yg gw bikin udah di clarify langsung ma yang punya blog, jangan dikira gw cuma mo ngeledek-ledekin loh ya.. gw percaya lah lo pasti bisa PHP dan segala macemnya, apalagi gw udah liat page Gallerynya. Cuman statement lo (atau bikin2an berita?) memang ngga sesuai dgn ap yang gw liat..

    Gw sengaja ngga ngomong soal ini di blog lo lewat box komentar, karena takutnya ntar malah gw yang diserang fans-fans lo, niatnya ngebahas teknikal malah dibantai fans😆 (disangka iri lah, dsb)..

    Klo gitu post gw segera gw update deh, mumpung udah di confirm sama yang bersangkutan. Mudah-mudahan ini nggak jadi perang dingin, pastinya gw seneng klo bisa tuker2 info soal PHP ama lo. Btw gw bukan manusia IT lho yah.. i am just an ordinary people😆

  4. Zwieback berkata:

    Nah iya emang ini sebenarnya problemnya. Jadi buat kita yang mengikuti banget dan mereka yang biasa-biasa aja, dunia IT ini berbeda.
    Kalau gw bilang terlalu teknis kepada wartawan seperti masalah themes, wp, dsbnya itu mereka enggak akan mengerti dan untuk statement public, apalagi entertainment, , jadi gw harus menggunakan kalimat atau istilah yang sangat umum seperti “website” yang mereka pahami juga sebagai blog, portal, social-networking, etc. Tapi dari kalangan lain hal itu artinya juga sangat beda jauh…so emang susah sih mau membuat statement yang paling netral dan bisa dipahami oleh semua kalangan🙂 Tapi ya well, gw enggak mau menjadi seperti Roy Suryo ..LOL..

    Ini juga baru gw sadari ketika dunia entertainment bersinggungan dengan ilmu pengetahuan…kaya minyak ama air bo uhuhuhe.

  5. Zwieback berkata:

    Btw, web bikinan gw yang dulu misalnya : http://www.malesbanget.com cuma skrg dah gak pernah diapdet lagi. Ngeliat dari bentuk designya mirip2 ama blog gw skrg.

    Seperti yg gw bilang, gw lebih banyak menyalurkan hobi menulis gw mengenai culture dsbnya dengan menggunakan basis IT gw sebagai medianya. Kalau elo kan bener2 hardcore programmer sepertinya uheuheuh kalau dilihat2 dari isi blog dan tulisan2 loe🙂

  6. kecebongsoft berkata:

    Tapi ya well, gw enggak mau menjadi seperti Roy Suryo ..LOL..

    Hehe nggak lah, klo dia kan nyaris nggak mau diklarifikasi.. Mo salah kek bener kek😆

    Baru liat juga tuh gw webnya, hehe klo ini sih gw yakin lo yang bikin, variabel2 URLnya juga pake bahasa Indo.

    Klo kata gw justru web-web gini yang harus di promosiin, itung-itung biar orang-orang tau koleksi portfolio kita gitu.. , Hehe.. nice work deh, jauh lebih bagus dari blog bikinan gw dulu ternyata wkwkwkwk.. Paketin jadi cms mini aja sekalian trus tempel di sourceforge.net🙄

  7. Youfan berkata:

    Ini beneran Christian Sugiono yang nge-reply?
    😯

  8. kecebongsoft berkata:

    wkwkwk iya mas youfan.. perlu gw kirimin IPnya ke ym situw?:mrgreen:

  9. Youfan berkata:

    😯

    No sh-t! And the person behind http://www.malesbanget.com is Christian too? Wow! I didn’t realized that even an artist can become a programmer to…

  10. Youfan berkata:

    Anyway, he is one of my fave Indonesian artist…😉

  11. Abu Ja'far berkata:

    case closed, ye…😀

    baru tau malesbanget di-develop ama CG.

    Tapi ya well, gw enggak mau menjadi seperti Roy Suryo ..LOL..

    btw, pantes aja CG kliatan ‘bete’ waktu di Empat Mata, saat dengerin si om Roy. Hi Roy!

    yang bener2 berkutat di bidang IT aja (CG) santai wae, nih sih om banyak banget gayanye…

    “Jangan kutip Roy Suryo!”

  12. Youfan berkata:

    Udah Bong… Case close ajah, itu beneran website buatan dia sendiri…:mrgreen:

    Nice website anyway Chris!😉

  13. Zwieback berkata:

    Hehehe thanks….

    Wow! I didn’t realized that even an artist can become a programmer to…

    Ehmm….lebih tepatnya a programmer become an artist…

  14. iwel berkata:

    “Tapi ya well, gw enggak mau menjadi seperti Roy Suryo ..LOL..” <– now this is really funny.. =)) =)) ternyata bukan dari kalangan IT aja yg (*sorry) mual liad tingkah laku om ini..
    soal MBDC gw tau dulu waktu dulu (*kalau ga salah inget) CG sempat masuk tipi tentang kegiatannya seharian dan disitu dibilang MBDC dibuat oleh CG, kalo ga salah sitenya jeng TiKam jg di develop sm CG bkn ya?
    “Ehmm….lebih tepatnya a programmer become an artist…” <– nice😉 jarang2 tuh programmer bs jadi artis, hehehe😛

  15. iwel berkata:

    anw,gimana caranya CG bs nemploQ (*halah bahasa gw) di sini bong ? dari mana tuh referernya, googling?? pnsaran gw..

  16. kecebongsoft berkata:

    Post gw ada link ke blog dia, trus di trackback/pingback sama mesin WP. Kan blog ini dan blog dia sama2 WP, coba aja liat postingan di blog dia ada trackback url gw. Kayaknya dari situ deh🙂

  17. iroel berkata:

    @zwieback

    Sepertinya masih banyak juga yah programmer PHP yang pake Dreamweaver. Emang sih, lebih instan gitoe. Btw, mas CG, ni code apaan sih, aq kok nggak pernah lihat yang kayak ginian

  18. Abu Ja'far berkata:

    waduh, RALAT dulu nih untuk inisial CG-nya…

    maksud ane tuh CS (Christian Sugiono), kok malah jadi CG (jadinya malah Christiansu Giono, wekekeke! jadi ingat sama temen lama yang namanya Giono)

    maaf ya bro CG, eh…CS.

    * terlanjur yang laen pada ngikutin pake CG, lanjut ajaa….😀 *

  19. kecebongsoft berkata:

    @Abu Ja’far aka Joe:
    hahaha.. inisial CG malah sudah sampai ke plurk loh:
    http://www.plurk.com/p/3ddes
    hayooo tanggung jawab🙄

  20. risma2006 berkata:

    Postingan yang Bagus!!! 3 Thumbs UP for You. Gue udah kasih comment di situ. http://christian-sugiono.seleb.tv/2008/09/03/asswhat/#comment-567

  21. muftisip berkata:

    seleb.tv kan emang layanan blog untuk seleb2, nggak usah repot-repot dilacak.

  22. kita berkata:

    wihh…hebat euy…kita cuman bisa geleng2 ngebacanya..antara gak ngerti ama terkagum-kagum…wkwkwkwkwk…

    oot dikit nih…

    tukeran link ya bong!!!kita pasang link lo duluan deh…hehe

  23. TheRAts berkata:

    BENERAN CS tuuuuuuuuuuuuuu

  24. rifki berkata:

    waah..baru tau sayah..
    saya kira dia emang bener-bener bikin web yang sekarang ini

    tapi ya sudahlah kan udah diklarifikasi.

    saya copy blognya yah.
    mksh.

  25. dimaz berkata:

    wah,, hebat direply langsung ma orangnya.. hehehe
    sip lah..

  26. rifki berkata:

    waah..makasih infonya sekali lagi,,berkat tulisan ini saya jadi terinspirasi buat bikin web cms sendiri

    sekedar blogwalking dan pemberitahuan bahwa blog aku di komputeraku.blogdetik.com udah di delete sekarang pake hostingan gratisan.

    http://www.rifki.tk
    http://www.rifkisusetyo.co.cc — maintenance

    thanks atas tulisannya yang bikin inspirasi!!

  27. pebbie berkata:

    eh, baru liat.. cie cebong.. sekarang malah deketin artis..

    hehehe.. kasian tiap malam cuap-cuap sendirian di gdi, godain tiap pengunjung yang datang.😆

    @CG : wogh.. mantab, dari programmer jd artist.. sekarang masih sempet mrogram? ato tertarik join gamedev community?😀 (quite mix the background)😀

  28. ifa berkata:

    Wah ini inspirasi buat web sendiri , Gokil habis mas web nya . BTW maju terus berkarya jgn tanggapin isu SARA . Sampai jumpa di panasonic award .

    Cheers ,
    Ifa

  29. Gitta berkata:

    Mank u bs bwat blog sendiri yaaww…???klo gt ajarin bwatnya duoonnkkk…!cz tmnku ada yg punya blog sendiri ‘n aq pengen tw cara bwatnya. Thx…

  30. noey berkata:

    sering tampil d tv dunk…….
    makin hari mkin gwanteng aj!!!!!!!!!!

  31. yusup berkata:

    yah – yah ..dunia web emang susah di mengerti ..banyak ini itu,,componennya ribet banget.. musti sering ngupdate…kalo nggak mah ketinggalan .. yang penting semangat dah buat belajar – belajar

  32. anonymous berkata:

    malesbanget.com dari dulu sampai sekarang enginenya juga pakai wordpress kok. Lalu dia pakai plugin security gratis supaya wp-adminnya gak ke detect. Jadi pas akses wp-admin, langsung ke redirect ke 404.phpm

  33. Al Hafidz berkata:

    Hahaha Om Christian Sugiono turun gunung buat ngereply comentnya wwkwkwk..
    Salam kenal om Christian Sugiono..

Tinggalkan Balasan

