Google Insights for Search

Baru-baru ini, Google merilis layanan terbarunya : Google Insights for Search (Saya singkat saja sebagai GIS). Secara singkat, GIS bisa disebut sebagai pengembangan dari Google Search dengan tambahan fitur disana-sini. Konsep utamanya adalah “perbandingan”. Dengan GIS, kita bisa mendapatkan perbandingan jumlah search result berdasarkan lokasi/negara dan kurun waktu tertentu. Selain itu, kita juga bisa membandingkan 2 atau lebih search terms, hasil perbandingan ini bisa diatur untuk ditampilkan pada salah satu/semua lokasi dan kurun waktu.

Tampilan awal Google Insights for Search

Tampilan awal Google Insights for Search

Saat pertama kali menggunakan GIS, mungkin kita akan sedikit kebingungan karena cukup banyak parameter-parameter baru yang bisa diatur untuk mendapatkan hasil perbandingan yang lebih detail. Tapi setelah beradaptasi beberapa menit, kerumitan itu akan hilang dan akan terasa bahwa GIS ini adalah layanan yang sangat lengkap untuk keperluan search comparison.

Kita test saja langsung. Pada GIS, pilih opsi Search Terms (secara default sudah terpilih), kemudian ketik “windows” pada search field pertama (yang berwarna biru, lalu ketik “linux” pada search field kedua (yang berwarna orange). Kita juga bisa menambahkan search term baru dengan mengklik link “Add search term”. Setelah memasukan search term, sekarang tekan Enter dan GIS akan melakukan proses comparison.

Ting tong, ketika proses comparison selesai, kita akan melihat beberapa detail perbandingan: General result, Interest over time, News headline, Regional interest, Region, Top searches, dan Rising searches. General result (tertulis Search Volume : Windows vs Linux) menampilkan hasil perbandingan secara rata-rata, disini kita bisa melihat bar berwarna biru dan orange disertai dengan angka perbandingannya.

Detail selanjutnya adalah Interest over time. Disini kita bisa melihat graph perbandingan search result Windows dan Linux dari tahun ke tahun, ketika kita menggerakan mouse kedalam graph tersebut, akan terlihat angka result sesuai dengan posisi mouse kita sekarang. Graph ini juga menampilkan Flag sebagai indikator News Headline.

Grafik Interest over time

Grafik Interest over time

News Headlines adalah daftar berita yang memiliki angka search terbesar dalam daftar search result di Google. Dengan menggunakan graph dari Interest over time, kita bisa melihat berita-berita apa saja yang menjadi headline pada waktu-waktu yang ditampilkan, tentu saja berita-berita tersebut sesuai dengan search term yang kita masukan.

Tampilan News Headlines

Tampilan News Headlines

Detail selanjutnya adalah Regional interest. Google memang hebat, Regional interest menampilkan daftar negara dan lokasi yang memiliki search result terbesar, setiap daftar memiliki graph search result untuk tiap term (dalam hal ini adalah Windows dan Linux) dalam bentuk bar.

Tampilan Regional Interest

Tampilan Regional Interest

Detail selanjutnya lagi adalah Region. Disini ditampilkan world map interaktif, jika kita menggeser mouse ke sebuah negara/lokasi, maka akan muncul informasi search volume dari negara/lokasi tersebut. Jika kita klik lokasi tersebut (lokasi bisa berupa benua, negara, kota, dll), maka detail pada Regional interest akan menampilkan daftar perbandingan search result berdasarkan lokasi-lokasi yang ada pada lokasi yang kita klik. Sebagai contoh, klik Russia Federation pada world map, maka akan ditampilkan lokasi-lokasi di Russia serta hasil perbandingan search result untuk setiap lokasi tersebut. Semua lokasi di world map ini juga punya warna-warna tersendiri sesuah dengan search volume yang dimiliki.

World map yang interaktif

World map yang interaktif

Selanjutnya adalah Top searches, disini kita bisa melihat related search terms sesuai dengan search term yang kita masukan (dalam hal ini adalah Windows dan Linux), cukup pilih daftar related search terms yang ada pada combo box, kemudian GIS akan menampilkan daftar related search untuk keyword tersebut. Dan yang terakhir adalah Rising searches yang menampilkan daftar related search terms yang nilai searchnya naik secara signifikan dalam kurun waktu tertentu.

Daftar Top Searches dan Rising Searches

Daftar Top Searches dan Rising Searches

Banyak sekali informasi mendetail yang bisa kita dapat menggunakan layanan Google Insights for Search ini. Anda bisa mencoba fitur-fitur lainnya seperti Locations dan Time Range, serta beberapa parameter lain seperti Category, dll.

Lalu apa untungnya menggunakan GIS?. Banyak sekali. Sebagai contoh, kita bisa membandingkan film apa yang sedang hits di Amerika dan di Russia, atau mengetahui negara/lokasi apa yang memiliki konsumen terbesar terhadap sebuah produk, dll.

Lastly, Google Insights for Search adalah layanan yang sangat unggul dalam mencari, membandingkan, dan menampilkan search result. Unggul dalam mencari karena koleksi informasi dan teknologi pencarian milik Google yang sudah tidak diragukan lagi. Unggul dalam membandingkan karena Google sudah mengkoleksi informasi secara rapi, detail dan konsisten sejak hampir 10 tahun. Serta unggul dalam menampilkan karena tidak diragukan lagi Google memiliki banyak teknologi unggulan untuk mempresentasikan informasi yang mereka miliki, contohnya adalah Google Map (Hybrid & Satellite) yang pada GIS ini sepertinya digunakan untuk menampilkan world map.

Pos ini dipublikasikan di post dan tag , , , , , , , , , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Google Insights for Search

  1. musa berkata:

    Google memang terdepan!

  2. Ping balik: Review Google Chrome « ~>

  3. Mantap penemuannya mas, sepertinya tools ini lebih unggul dibandingkan google trends

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s