Tanpa asap

Hari ini adalah peringatan hari tanpa tembakau sedunia yang rutin diselebrasi setiap 31 Mei oleh WHO. Pesan yang ingin dibawakan adalah peringatan, bahwa kecanduan pada rokok dapat menyebabkan penyakit dan kematian. Seberapa pedulikah para perokok dengan pesan ini?.

Aku pribadi tidak pernah anti pada rokok, atau membenci orang yang merokok. Hanya saja aku sering tidak bisa menerima alasan kenapa mereka merokok :

– “Dulu sih coba-coba aja, tapi sekarang udah susah dilepas nih”
– “Biar keliatan jantan bro, pemberani”
– “Ikut-ikutan temen aja sih awalnya, tapi sekarang udah keenakan nih”
– “Ya iya lah, rokok tuh temen paling enak klo lagi ngapa-ngapain..”
– “Dulu liat ortu ngerokok, jadi ikut-ikutan”
– “Mengurangi pengangguran bro, klo ngga ngerokok ntar siapa yang mau kerja di pabrik rokok?”
– dsb..

Tidak pernah kudengar satupun alasan logis kenapa merokok, untuk menyembuhkan penyakit misalnya
?. Mungkin memang aku yang masih awam dalam hal “kenapa merokok”. Aku jadi ingat, seorang entertainer Ari Lasso dan rekannya dulu pernah diwawancari disebuah talkshow. Disitu Ari bercerita tentang kehidupan masa lalunya sebagai pengguna narkoba, dan dia (serta rekannya) bercerita betapa hebatnya perjuangan mereka untuk menyembuhkan Ari dari kecanduan narkoba. Ari yang berusaha terus menerus, serta rekannya yang terus membantu dengan mengurangi dosis obat-obatan Ari secara perlahan hingga akhirnya dia lepas dari narkoba.

Dalam pandanganku, Ari tahu, dia tidak punya alasan logis kenapa ia menggunakan narkoba selain hanya karena kecanduan. Dia tahu apa yang dia jalani saat itu hanya akan membunuh dirinya sendiri sehingga dia berusaha melawannya (dan mengalahkannya). Itu narkoba, zat yang jauh lebih hebat adiktifnya dibanding rokok.

Apa kisah seperti Ari jarang terjadi pada kasus rokok?. Sering juga, tapi biasanya disebabkan karena pelakunya mengalami hal serius, dilarang orang tua misalnya, atau terserang kanker. Saat itu mau tidak mau berhenti.

Yang lainnya bagaimana?. Bagiku yang lainnya seperti menganggap bahwa rokok adalah “tradisi” dari jaman dahulu, dan belum dianggap seserius narkoba (oleh masyarakat & pemerintah), sehingga tidak ada “tekanan” untuk mengkonsumsi rokok. Jadi ya jalan terus aja.

No offense buat para perokok, itu hidup kalian dan nikmati aja. Aku tidak pernah mencoba untuk memprovokasi orang lain untuk berhenti merokok, tapi aku selalu mencoba mematahkan semua alasan kenapa mereka merokok.

Selamat hari tanpa tembakau sedunia.

Pos ini dipublikasikan di post dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Tanpa asap

  1. leriana berkata:

    Selamat hari tembakau seduniaūüėÄ, setuju dengan tulisannya dan bantuin donk gimana biar pacar saya brenti ngerokokūüė¶

  2. iphwan berkata:

    memang susah menghentikan orang brenti ngerokok.. tapi klo terus usaha bisa kok!.

  3. Lynx.Luna. berkata:

    Bisa! saya gag ngerokok! dan itu krn saya berhenti ngerokok sejak bebeapa tahun lalu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s