Cross Compiling aplikasi OpenGL melalui Linux

Beberapa bulan yang lalu aku sempat melakukan cross compiling aplikasi OpenGL yang kubuat di environment linux kedalam platform windows xp, dan ternyata berhasil. Kenapa harus cross compiling, ini masalah legalitas, aku sering eksperimen bikin aplikasi/game menggunakan DirectX di windows tanpa memperhatikan apakah OS atau aplikasi lainnya yang ada di windowsku adalah bajakan atau tidak. Tapi belakangan ini sering kepikiran juga untuk “melegalkan” semua perangkat yang kumiliki untuk tujuan pengembangan game. Mulai dari Graphics API yang menggunakan OpenGL, modeller yang menggunakan Blender, image editor yang menggunakan GIMP, dan lain sebagainya, dan tentu saja dengan platform linux😀

Sebenarnya untuk melakukan cross compiling ada berbagai macam cara, bisa disetting langsung dari IDE seperti CodeBlocks, atau bisa dengan manual menggunakan MakeFile. Tapi kali ini aku belum bisa menjelaskan detailnya karena lagi di kelas lab komputer😀 . Tapi setidaknya ada hasil yang bisa dilihat dari cross compiling ini :

Ini adalah game eksperimen dari hasil cross compiling tersebut, dengan compiler MinGW dan libray OpenGL, game ini bisa dimainkan di Linux dan Windows XP, namun aku belum menyediakan source dan binary linuxnya, jadi silahkan coba versi windowsnya aja dulu :
Download ~500kB

kontrol : kiri/kanan, atas(loncat), pageup/pagedown utk zoom in/out kamera

Untuk beberapa PC, ada satu hal yang mungkin terlihat janggal yaitu gerakan bola terlalu cepat. Ini karena OpenGL (atau kode yang kubuat?) belum cukup efektif untuk menghandle opsi Vertical Synchronization yang ada pada VGA, sehingga gambar yang dihasilkan menjadi terlalu cepat. Dan perlu diingat jika ingin quit dari program diatas, jangan tekan tombol close (“X”) yang ada di windownya, karena proses akan tetap berjalan meskipun windownya udah di quit. Tekan ESC untuk quit.

Yup, setidaknya aplikasi diatas cukup bisa untuk membuktikan bahwa pengembangan game juga bisa berjalan diatas linux, sebenarnya hal ini sudah ada cukup lama tapi mungkin belum sepopuler pengembangan game di windows. Detail how-to cross compilingnya menyusul deh😀

ps : maap nih buat server skul lagi-lagi numpang, beberapa minggu lagi udah mau sewa server sendiri sih, ditunggu aja😀

Pos ini dipublikasikan di post dan tag , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

4 Balasan ke Cross Compiling aplikasi OpenGL melalui Linux

  1. Ping balik: Menyisipkan Digg pada post wordpress « ~>

  2. L_O_J berkata:

    Jah bong ini kenapa sih blog loe jadi begini ? gara-gara hari telanjang CSS itu ? terus lupa dibalikin ? Itu bug OpenGL yang diclose pake ‘X’ masih ada ? khan udah gue kasih fixnya di GDI😛 . Terus untuk Vertical Sync udah pake GLEW aja buat handle extension, daripada pusing😀 .

  3. kecebongsoft berkata:

    klo untuk tombol “X” itu udah di fix abis om L_O_J kasih tahu kemarin, tapi nggak sempat di upload :p. Untuk vsync belum sempat dikerjain nih, hehehe..

  4. whitepearl2009 berkata:

    Bang, link nya bisa dikirim ke email saya kgak yang direct link??Soalnya tuh link masuk ke web dan kgak ada linkdownload nya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s