Tautology dan amnesia

Hari ini aku beres-beres kamar, dan nemu satu catatan bekas ringkasan math-ku waktu semester satu. Disitu tertera sebuah soal logika. Aku kemudian teringat satu prinsip logika yang pernah kupelajari, salah satu kalimat yang kuingat adalah “To be or not to be, that is a …”. Udah sampai situ aja, aku nyaris nggak bisa menyebut lanjutan kalimat itu apa, padahal aku hampir ingat tapi susah sekali menyebutnya, sudah ada diujung lidah.

Jadi seperti orang gila, aku mencoba mengingat-ingat kembali kata apa yang ada dikalimat tersebut, mulai dari googling dengan keyword “To be or not to be”, tapi hasilnya rata-rata ke Shakespeareūüė¶ . Rasa penasaran makin mengerikan, sepertinya jantung ini berdegup kencang, ugh, apa ya kata terakhir kalimat ituūüė¶ . Aku mengabaikan pekerjaan lainnya dan menghabiskan waktu untuk masalah ini. Hampir dua jam berputar-putar mencari jawabannya, rasa kesal dan jengkel numpuk jadi satu, jengkel dengan diri sendiri tentunya, kok bisa-bisanya nggak ingat.

Aku jadi berfikir, seperti inikah rasanya jadi orang yang hilang ingatan, kemudian mendapatkan serpihan-serpihan ingatannya kembali?. Seperti inikah tersiksanya seorang amnesia mencari kebenaran dimasa lalunya?. Aku yang pusing mengingat satu kata saja sudah tersiksa begini, apalagi mereka yang punya banyak hal yang harus diingat?.

Lagipula apa alasannya harus mengingat-ingat hal yang mungkin tidak penting seperti ini?, nggak ada alasan selain rasa penasaran yang luar biasa. Kalau nggak dapet jawabannya tuh rasanya gimana gitu.. hahaha.

Well, setelah memutar otak cukup keras, akhirnya ingat juga :

To be or not to be, that is a tautology!

Yeah!, dapet juga akhirnya. Tautology adalah formula propositional yang akan selalu menghasilkan nilai true dibawah semua kemungkinan interpretasi dari semua variabel yang dia miliki. Finally i’ve found this bloody word after a couple hours!.

Pos ini dipublikasikan di post. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

