Dedi Purwanto

Tentang keseharian, pemikiran dan masalah seorang remaja biasa.

Roy Suryo & Lagu Indonesia Raya “asli”

Sebenarnya dakuw cuek ketika melihat si “Om” bersama Tim Air Putih menemukan dokumen rekaman Lagu Indonesia Raya “asli” ini, tapi setelah browsing di beberapa forum dan blog, ternyata data-data tersebut bukanlah hal baru (terlepas dari keaslian lagu tersebut). 

Statement pertama yang pengen dakuw bahas adalah, Roy Suryo menemukan Lagu Indonesia Raya “asli” tersebut di server belanda beberapa waktu yang lalu. Hahaha.. tanda tanya besar untuk Pakar Telematika Indonesia ini, kenapa tidak coba cari dulu di YouTube?, video tersebut bahkan sudah beredar sejak desember 2006 di YouTube.

Kemudian untuk teks Lagu Indonesia Raya “asli”, rasanya teks tersebut tidak bisa dibilang “baru ditemukan sekarang”, bagi om-om yang sekarang udah kerja, waktu SD dulu mungkin pernah diajarkan tentang Lagu Indonesia Raya “asli” ini melalui buku cetak, ini adalah salah satu contoh buku cetak yang memuat lagu tersebut :

- Indonesia Persadaku, penyusun W.S. Simajuntak,
th terbit cetakan pertama 1984 , kode buku TT. 0016.02.1984 (Februari 1984?) terbitan Titik Terang hal 9 utk yg teks yg diketahui scr umum, hal 10 utk 2 stanza yg laen (cover warna hijau tua, kayanya ini yg umum dipake)
- Cintaku Negeriku, Kumpulan Lagu Wajib dan Perjuangan, penyusun DS. Soewito M, th terbit gak jelas, cuma ada kode buku : T.T. 0102.04.94 (April ’94 kah?) terbitan Titik Terang hal 9-12 utk yg teks yg diketahui scr umum, hal 12 utk 2 stanza yg laen (dua edisi, satu edisi cover warna kuning telur, edisi yg lain cover warna biru)
- Lagu Nasional dan Lagu Daerah, penyusun Joko Susilo, th terbit gak ada, penerbit gak ada hal 3 utk yg teks yg diketahui scr umum, hal 3 utk 2 stanza yg laen

Semua buku tersebut memuat teks Lagu Indonesia Raya “asli”, lantas apanya yang baru ditemukan oleh Pakar Telematika ini? Video udah beredar hampir setahun yang lalu, dan teks udah ada di buku cetak jaman SD dulu.

Tidak bermaksud untuk memojokan pihak manapun, tapi seharusnya hal-hal seperti ini didiskusikan secara publik dahulu sebelum gembar-gembor kemana-mana (apalagi mengingat yang gembar-gembor adalah Pakar Telematika yang kita cintai ini :D ). Ya udah deh, referensi diatas dimaksudkan agar kita tidak terjebak pada berita-berita yang susah dimengerti.

Kesimpulan yang dakuw ambil, terlepas lagu itu asli atau enggak, penemuan tersebut nggak bisa disebut hal baru. Beberapa blogger Indonesia pada tahun 2005 juga pernah memposting lagu tersebut, bahkan di wikipedia Indonesia lagu tersebut (dalam bentuk video) sudah diposting 19 Desember 2006. Jadi mohon kepada para pihak-pihak terkait, agar dapat membawa narasumber yang memang tahu benar soal ini, jangan sampai menyesatkan publik. Malu dong kalau bikin statement bahwa lagu itu baru ditemukan sekarang, padahal udah nyebar bertahun-tahun yang lalu di internet dan buku cetak anak SD :D

Dan yang terakhir, klo mo cari sesuatu, jangan jauh-jauh ke belanda, googling dulu aja Om :D

5 responses to “Roy Suryo & Lagu Indonesia Raya “asli”

  1. Fukutenshi Youfan 1 Oktober, 2007 pukul 5:03 pm

    Om Roy mana bisa googling…
    Sama kayak Bapak Game™ kita yang gaktau bedanya MB dengan Mb…

    They’re just stu–d people who seek their own popularity…
    :lol: :mrgreen: :mrgreen:

    (Ups, keluar kata” aneh, sorry, soalna tiba-tiba panas kalo inget tentang GPI :P )

  2. ALAN 12 Februari, 2008 pukul 3:55 am

    MENURUT SAYA LAGU INDONESIA RAYA YANG BARU MUNCUL ITU SEBAIKNYA TIDAK PERLU DI TANGGAPI DAN DI NYANYIKAN OLEH SEMUA KHALAYAK INDONESIA.KARNA KITA TELAH MEMPUNYAI LAGU YANG SUDAH BIASA KITA NYANYIKAN.

  3. RAHMAD 20 April, 2008 pukul 10:33 am

    MENURUT SAYA JUGA BEGITU,DAN YANG SAYA BINGUNG SIAPA YANG MEMBUAT TEKS ASLI TERSEBUT(PENCIPTANYA)

  4. Fia 23 Agustus, 2008 pukul 1:27 pm

    Om Roy yang aneh menang popularitas moga buka dia aja Menteri DEPKOMINFO mau dibawa kemana IT indonesia:’(

  5. deefhaes 18 Juli, 2009 pukul 4:20 pm

    setuju dg comment bhw kabar teks asli tsb sbtlnya memang bukan hal baru n alias basi… kalo nggak salah inget, saya dengan bejo na mbah soma pernah main sambil belajar nyanyiin di depan masjid gede jogja, waktu itu saya kelas 5 SD di SD Keputran III Yogyakarta.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: